Pencemaran Lingkungan Hidup

27 Januari 2010

Pencemaran lingkungan hidup dan dampaknya terhadap manusia menjadi topik yang mendapat perhatian utama belakangan ini. Hal ini disebabkan karena semakin rusaknya lingkungan hidup akibat aktivitas manusia itu sendiri.

Pencemaran lingkungan hidup adalah meliputi pencemaran air, tanah dan udara yang berdampak terhadap manusia dan mahluk hidup lainnya.

1. Pencemaran air
Seperti yang saya tulis sebelumnya mengenai dampak pencemaran air terhadap manusia, pencemaran air ini diakibatkan oleh pembuangan sampah limbah rumah tangga ke dalam sungai, limbah laundry, limbah industri dan lainnya yang dapat meracuni bahkan mematikan ikan dan tumbuhan sepanjang ratusan meter. Selain itu juga rembesan air sungai juga mencemari air bawah tanah sepanjang aliran sungai tsb.

2. Pencemaran tanah
Pencemaran tanah disebabkan oleh pembuangan limbah rumah tangga dan industri. Limbah rumah tangga sendiri dibagi menjadi 2 bagian, yakni limbah organik dan limbah anorganik. Limbah organik adalah limbah yang dapat diurai oleh tanah melalui proses pembusukan seperti kertas, daun, sisa sayuran, kayu, dll. Dan limbah anorganik adalah limbah yang tidak dapat atau sulit diurai oleh tanah, seperti plastik, besi, kaca, karet dan lainnya.

Selain itu air buangan detergen dan zat kimia dari pertanian (misal: insektisida) juga dapat menimbulkan pencemaran tanah.

Pencemaran tanah akibat pembuangan limbah anorganik dan bahan kimia lainnya dapat menurunkan kesuburan tanah dan akibatnya tanaman akan lambat pertumbuhannya.

3. Pencemaran udara

Pencemar udara dapat berupa gas dan partikel. Contohnya sebagai berikut.

a. Gas HzS. Gas ini bersifat racun, terdapat di kawasan gunung berapi, bisa juga dihasilkan dari pembakaran minyak bumi dan batu bara

b. Gas CO dan COz. Karbon monoksida (CO) tidak berwarna dan tidak berbau, bersifat racun, merupakan hasil pembakaran yang tidak sempurna dari bahan buangan mobil dan mesin letup. Gas COZ dalam udara murni berjumlah 0,03%. Bila melebihi toleransi dapat mengganggu pernapasan. Selain itu, gas C02 yang terlalu berlebihan di bumi dapat mengikat panas matahari sehingga suhu bumi panas. Pemanasan global di bumi akibat C02 disebut juga sebagai efek rumah kaca.

c. Partikel SOZ dan NO2. Kedua partikel ini bersama dengan partikel cair membentuk embun, membentuk awan dekat tanah yang dapat mengganggu pernapasan. Partikel padat, misalnya bakteri, jamur, virus, bulu, dan tepung sari juga dapat mengganggu kesehatan.

d. Batu bara yang mengandung sulfur melalui pembakaran akan menghasilkan sulfur dioksida. Sulfur dioksida ber$ama dengan udara serta oksigen dan sinar matahari dapat menghasilkan asam sulfur. Asam ini membentuk kabut dan suatu saat akan jatuh sebagai hujan yang disebut hujan asam. Hujan asam dapat menyebabkan gangguan pada manusia, hewan, maupun tumbuhan. Misalnya gangguan pernapasan, perubahan morfologi pada daun, batang, dan benih.

Sumber polusi udara lain dapat berasal dari radiasi bahan radioaktif, misalnya, nuklir. Setelah peledakan nuklir, materi radioaktif masuk ke dalam atmosfer dan jatuh di bumi. materi radioaktif ini akan terakumulusi di tanah, air, hewan, tumbuhan, dan juga pada manusia. Efek pencemaran nuklir terhadap makhluk hidup, dalam taraf tertentu, dapat menyebabkan mutasi, berbagai penyakit akibat kelainan gen, dan bahkan kematian.

Pencemaran udara dinyatakan dengan ppm (part per million) yang artinya jumlah cm3 polutan per m3 udara.

Sumber : http://gurungeblog.wordpress.com





Baca juga
9 September 2016
Pemasangan Depot Air Isi Ulang di Gang PLN Kota Balikpapan
Pemasangan depot air minum isi ulang di jalan MT Haryono, Gang PLN, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

28 Agustus 2016
Pemasangan Depot Air Isi Ulang di Muara Badak Kutai Kartanegara
Kegiatan pemasangan depot air minum isi ulang di desa Badak Baru, kecamatan Muara Badak, kapupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

20 Agustus 2016
Pemasangan Depot Air Minum Isi Ulang di Jalan Patriot Balikpapan
Kegiatan pemasangan air isi ulang di jalan patriot, gunung pipa kota balikpapan, kalimantan timur

18 Agustus 2016
Pemasangan Depot Air Minum Isi Ulang di Manggar Balikpapan
Pemasangan depot air minum isi ulang di manggar baru kota Balikpapan

Pembayaran

Customer Services

  •  081350047073
  •  081350636999
  •  081350047073

Tentang Kami

CV. ZAMZAM
Jl. Wonosari RT 24 N0. 15
Balikpapan - Kalimantan Timur
(Bisa dikirim se Indonesia)